Tugas 1.

Rabu, 04 April 2018

TUGAS 1.

Penggunaan Corel Vidio Studio Untuk Menjelaskan Materi Kimia “Minyak Bumi”.

Penggunaan Corel Vidio Studio Untuk Menjelaskan Materi Kimia “Minyak Bumi”


Sebagai calon guru kimia kita dituntut untuk memiliki strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan agar membuat siswa merasa lebih mudah memahami materi. Apalagi kita tahu materi kimia bukanlah materi yang dianggap mudah. Untuk itu kita harus memiliki stategi yang pas dalam mengajarkannya.
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan berkembang dengan sangat cepat, diberbagai bidang keilmuan yang ada. Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat secara tidak langsung telah memengaruhi segala aspek kehidupan manusia, baik dalam bidang politik, ekonomi, budaya, bahkah dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari pada zaman yang sudah modern seperti saat ini, karena semakin majunya ilmu pengetahuan maka semakin maju pula perkembangan teknologi.
Kemajuan teknologi di era sekarang telah menciptakan kemungkinan terciptanya lingkungan belajar global yang berhubungan dengan jaringan yang menempatkan siswa di tengah-tengah proses pembelajaran, dengan diiringi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar/ sarana belajar elektronik.
Kali ini saya ingin membahas/mengulas materi “Minyak Bumi” dengan menggunakan salah satu strategi yaitu dengan menggunakan vidio. Metode pembelajaran dengan penayangan vidio merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat berpengaruh kepada minat anak didik. Video itu berkaitan dengan apa yang dapat dilihat peserta didik, terutama adalah gambar hidup (bergerak; motion), proses perekamannya, dan penayangannya yang tentunya tidak lepas dari peran serta teknologi. Alasan lain menggapan saya memilih strategi ini tidak lain karena vidio merupakan media komunikasi yang sangat cepat ditangkap informasinya oleh manusia. Karena tampilannya selain berupa gambar juga berupa suara dan gerak. Disamping itu juga di era sekarang peserta didik yang kebanyakan adalah remaja, menggemari sesuatu yang berbau teknologi. Salah satunya adalah vidio, hal ini di buktikan dengan semakin maraknya pengguna youtube dan instagram. Karena di dalam media tersebut terdapat vidio-vidio yang menarik minat mereka.
       Vidio selain memeberikan informasi dan hiburan juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah agar proses pembelajaran akan lebih cepat ditangkap dan dipahami oleh peserta didik. Selain itu juga para pengajar atau guru akan lebih mudah menyampaikan materi melalui media vidio. Tentunya hal tersebut harus didukung oleh ilmu pengetauan dan pengusaan teknologi terhadap materi yang diajarkan.
         Berbekal pengalaman dan pengetahuan saya selama SMA, disini saya akan membuat media pembelajaran dengan vidio melalui aplikasi “Corel Vidio Studio” disini saya menggunakan versi 2018 karena menurut saya fitur-fitur yang di tawarkan dalam aplikasi ini cukup lengkap dan tentu saja bisa anda download gratis di Google Firefox atau Google Crome. 



Keunggulan aplikasi ini adalah diluncurkan dengan peningkatan alur kerja dan alat-alat baru yang dirancang untuk non-profesional. Jadi lebih mudah digunakan untuk semua orang. Corel Vidio Studio 2018 juga menggunakan tampilan jendela-ganda baru menampilkan video dan properti video itu sekaligus. Garis waktu video, audio, dan efek, kini memiliki opsi baru untuk mengubah tinggi dan transparansi agar teks lebih mudah dibaca. Selain itu, kerangka layar terpisah baru memungkinkan editor video untuk menampilkan beberapa klip sekaligus. Editor layar terpisah memungkinkan pengguna untuk memulai dengan template atau mendesain sendiri, lalu campurkan video dengan antarmuka seret-dan-lepas. Perangkat lunak ini juga memperkenalkan editor judul video 3D yang memungkinkan pengguna untuk mengubah posisi teks pada basis keyframe.
        Nah, sebelum kita membuat vidionya, sebaiknya kita merangkum materi yang akan di tampilkan/dimasukan pada vidio.
Materi yang saya rangkum yaitu tentang Minyak Bumi:

Pembentukan Minyak Bumi
Minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil hewan dan tumbuhan  kecil yang hidup di laut dan tertimbun selama berjuta-juta tahun lampau. Ketika hewan  dan  tumbuhan  laut  mati,  jasad  mereka  tertimbun  oleh  pasir  dan lumpur di dasar laut. Setelah  ribuan  tahun  tertimbun, akibat  pengaruh tekanan dan suhu  bumi  yang  tinggi,  lapisan-lapisan  lumpur  dan pasir berubah  menjadi  batuan.  Akibat  tekanan  dan  panas  bumi,  fosil  hewan dan  tumbuhan  yang  terjebak  di lapisan  batuan  secara  perlahan  berubah menjadi minyak mentah dan gas alam. Kedua bahan tersebut terperangkap di  antara  lapisan-lapisan  batuan  dan  tidak  dapat  keluar.
Komposisi 
Minyak bumi yang kita kenal tersusun dari senyawa hidrokarbon yang berbeda-beda. Umumnya komposisi minyak bumi terdiri dari alkana, sikloalkana dan hidrokarbon aromatik.

Pengoalahan Minyak Bumi

Minyak bumi yang berada di alam bisa di olah dengan berbagai tahap, yaitu:
1. Destilasi atau Fraksinasi
Tahap pertama yang harus dilalui dalam proses pengolahan minyak bumi mentah adalah destilasi. Destilasi (sering pula disebut fraksinasi) adalah proses pemisahan fraksi-fraksi dalam minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didih.
sumber:  https://sririmablog.wordpress.com/kimia-kelas-x-smk/semester-2/minyak-bumi/
2. Cracking
Fraksi-fraksi yang dihasilkan dari proses destilasi kemudian dimurnikan (refinery) melalui proses cracking. Cracking adalah tahapan pengolahan minyak bumi yang dilakukan untuk menguraikan molekul-molekul besar senyawa hidrokarbon menjadi molekul-molekul hidrokarbon yang lebih kecil, misalnya pengolahan fraksi minyak solar atau minyak tanah menjadi bensin. Proses cracking dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu cara panas (thermal cracking), cara katalis (catalytic cracking), dan hidrocracking.
3. Reforming 
Setelah dilakukan pemurnian melalui cracking, tahap pengolahan minyak bumi dilanjut dengan proses reforming. Reforming adalah proses merubah struktur molekul fraksi yang mutunya buruk (rantai karbon lurus) menjadi fraksi yang mutunya lebih baik (rantai karbon bercabang) yang dilakukan dengan penggunaan katalis atau proses pemanasan. Karena dilakukan untuk merubah struktur molekul, maka proses ini juga bisa disebut sebagai proses isomerisasi.
 
4. Alkilasi  
Setelah diperbaiki struktur molekulnya, fraksi-fraksi yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi mentah kemudian melalui proses alkilasi dan polimerisasi. Alkilasi adalah tahap penambahan jumlah atom pada fraksi sehingga molekul fraksi menjadi yang lebih panjang dan bercabang.
5. Treating 
Treating adalah proses pemurnian fraksi minyak bumi melalui eliminasi bahan-bahan pengotor yang terikut dalam proses pengolahan atau yang berasal dari bahan baku minyak mentah. Bahan-bahan pengotor yang dihilangkan dalam proses treating tersebut antara lain bau tidak sedap melalui copper sweetening dan doctor treating, lumpur dan warna melalui acid treatment, parafin melalui dewaxing, aspal melalui deasphalting, dan belerang melalui desulfurizing.
 
6. Blending 
Tahap terakhir yang dilalui dalam proses pengolahan minyak bumi sehingga menghasilkan bahan siap guna adalah proses blending. Blending adalah tahapan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk melalui penambahan bahan-bahan aditif ke dalam fraksi minyak bumi
Produk Pengolahan Minyak Bumi
Keberadaan minyak bumi dan berbagai macam produk olahannya memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, sebagai contoh penggunaan minyak tanah, gas, dan bensin

Dampak Penggunaan Minyak Bumi
Secara umum, kegiatan eksploitasi dan pemakaian sumber energi dari alam untuk memenuhi kebutuhan manusia akan selalu menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan (misalnya udara dan iklim, air dan tanah).
Setelah merangkum materi yang akan kita buat vidionya. Selanjutnya langkah yang harus dilakukan adalah 
  1. Membuka aplikasi Corel Vidoo Studio pada komputer anda
    


  2. Mulai menjalankan aplikasinya
    Disini selain menggunakan materi yang saya rangkum, saya juga menyisipkan gambar dan vidio
    yang bisa anda dapatkan di inernet.
   a.    Klik menu edit untuk memulai mengedit vidio

   b.  Klik menu file yang berada pada pojok kiri atas

   c.  Kemudian pilih insert media file to library.     

        Maka  akan muncul menu baru yaitu insert vidio untuk memasukan vidio yang anda simpan
        pada komputer anda, insert photo untuk memasukan foto yang anda simpan pada komputeranda,
        insert audio untuk memasukan musik/audio yang anda simpan pada komputer anda atau
        insert digital media. atau anda bisa mengklik menu Insert To Temline, maka maka vidia, foto,
        atau adio yang anda pilih akan masuk ke papan edit langsung.

        Vidio, foto  atau audio yang sudah dimasukan di library 

         Vidio, foto  atau audio yang sudah dimasukan di temline
       
     

    c.   Mulailah edit vidio anda dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini

3. Klik menu share
    lalu akan muncul beberapa format vidio seperti Mov, Avi, Costom, dan MPEG.
 
    a. pilih format MPEG
    b. lalu pilih MPEG-AVC (1920 x 1080, 30p, 15 Mbps)
        pilih format ini agar vidio yang hihasilkan berkualitas tinggi. anda juga bisa memilih
        format vidio yang lain jika berkenan. tapi saya sarankan menggunakan format ini, karena
        vidio yang dihasilkan akan berkualitas sangat baik.
 
4. Simpan vidio anda
    a. ketikan nama vidio anda pada menu "file name"
 
    b. pilih lokasi penyimpanan vidio anda pada menu "file location"
 
    c. klik start yang berada pada pojok bawah kanan
   
        maka akan muncul proses "rendering"
 
Inilah vidio hasil editan saya, semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. terimakasih ๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ˜



0 komentar:

Posting Komentar

TUGAS 2 FIX

Mari kita meringkas hukum gas yang telah kita diskusikan sejauh ini. Persamaan Gas Ideal persamaan gas ideal adalah persamaan yang me...